Selasa, 26 April 2011

Suzuki Katana UPGRADE to SJ-410 4WD

Tadinya saya berburu Suzuki SJ-410 tahun '81-'83 biar tidak perlu lagi ngocek kantong untuk beli transfer gear dan gardan depan. Gak terlalu sulit sih sebetulnya dapetin SJ-410 tapi agak susah untuk cari yang kondisinya masih segar bugar. Akhirnya saya beli Katana '88 yang notabene masih banci alias masih 4x2, kondisinya pun masih segar bugar.


Katana '88 Hardtop Jumbo dipotong jadi Trepes


Hardtopnya Sdh dipotong jadi Trepes

4 Minggu kemudian di cat putih


Hasil Akhir Jadi Katana SJ-410

Upgrade-nya ternyata tidak sesulit dan semahal yang saya kira. Mulai dari body work and chases, mesin serta komponen lainnya untuk Suzuki Jimny khususnya ternyata cukup banyak after market-nya di pasar otomotif. Bagi penyuka modifikasi otomotif, ini sih sebetulnya merupakan suatu seni tersendiri sehingga menjadi sesuatu yang lebih berharga/bernilai ketimbang beli yang sudah jadi. Karena pada saat rebuilding, banyak sekali pengetahuan dan informasi-informasi yang harus kita gali supaya mendapatkan hasil yang sempurna untuk objek kita.

Berbagai informasi dan saran dari teman-teman yang sudah lebih dulu membangun sangat-sangat diperlukan karena dari info itu menjadi sumber bahan rujukan baik untuk masalah teknis maupun non-teknis.

Berburu final gear untuk Jimny juga menjadi pertimbangan penting walaupun di pasar otomotif  cukup banyak. Karena, salah memilih ukuran final gear akan berakibat fatal terhadap penggerak roda. Komponen kendaraan after market kebanyakan dari luar negeri, sedangkan merk, tipe, dan ukuran banyak berbeda dengan kendaraan-kendaraan CKD (Complete Knock Down) yang dipasarkan di negara kita.

Tidak cukup berpengetahuan di bidang teknik saja, membangun SJ-410 juga harus dibarengi dengan nilai-nilai  seni body-work yang disesuaikan dengan kepentingan SJ-410 itu untuk digunakan.

SJ-410 yang saya bangun ini saya coba padukan untuk dua kepentingan yang berbeda, yaitu bagaimana SJ-410 ini bisa dipakai dan layak untuk digunakan sehari-hari, juga layak untuk digunakan di medan offroad.

Ini saya test drive di daerah dekat workshop saya...



11 komentar:

  1. issh ..mantep..kang

    BalasHapus
  2. biayana baraha kang.. supaya jadi trepes???

    BalasHapus
  3. cakep kang, dijual gak,brapa?

    BalasHapus
  4. mau tanya kang, klo pengen di pasang 4 wd brpa ya kang??saya punya katana tapi belum 4wd.

    BalasHapus
  5. bisa dishare step by step instalasi 2WD ke 4WDnya bang?..part yang diperlukan..kondisi dan aturan maen..? aku juga masih banci nih jip katana_nya..

    BalasHapus
  6. mau nanya mobil saya katana 2WD mau rubah jadi 4WD, Berapa harganya trafer gear dan gardan depannya. bisa dikirim tidak barangnya ke kupang NTT. mohon infonya. yantus

    BalasHapus
  7. kang kalo katana taun 91 lampu kotak cocoknya. di buat style offroad / ceper??
    minta masukanya

    BalasHapus
  8. Hadewww kang klo cuma pamerin ginian banyak kang yang lebih baik. Aq buka blog ente kirain mau share ilmu step by stepnya .....

    BalasHapus
  9. cerita naon....sugan cerita masang 4X4

    BalasHapus
  10. Bang saya mau beli katana 4x4 yang oke, apa ada yang mau jual

    BalasHapus
  11. Bang saya mau beli katana 4x4 yang oke, apa ada yang mau jual

    BalasHapus

Bagaimana menurut Anda?